How to Connect Powerbuilder with MySQL ?

Banyak sudah referensi yang saya dapat, dari koneksi yang rata2 memiliki background SQL Server sangat banyak di internet. tapi saya biasanya dari localhost appserv,xamp dan lainnya. Jadi lebih mudah dalam belajar.
Kok malah curhat.

Ok . Untuk koneksi ke Mysql kita harus download dan install MySQL Connector. Setelah itu akan mudah semua. kok bisa? saya juga ga tahu karena file sudah terinstall. :)

Anda bisa mendapatkannya di MySQL :: MySQL Connectors Setelah terinstall, lakuukan koneksi di Powerbuilder dari Database Profile.


1. Klik lingkaran di atas DB Prof
2. Akan Tampil form window Database Profile yang ada lingkaran di sebelah kiri.
3. Pilih ODB ODBC dan disebelah kanan klik button New (di gambar tertutup)
4. Masukkan nama terserah Anda untuk koneksi ini, di sini saya menggunakan nama KoneksiMysql pada datasource pilih localhost, user iD dan password saya hanya standart yaiut login masuk phpmyadmin yaitu root dan root.
5. Klik tab preview lalu klik Test Connection



Semoga berguna. Bila ada saran atau pertanyaan yang error (karena dulu saya sering error atau tidak konek dengan database) silahkan masukkan komentar dan kita bahas bersama. Mungkin saya bisa, atau teman master lainnya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Trackfree

4 comments:

  1. Hi Admin,
    Saya baru migrasi db dari ASA ke mysql. Pake mysql odbc, koneksi nya lancar. tapi ada masalah.
    Beberapa query saya tidak berfungsi..
    e.g :
    select count(*) into :ll_count from ms_user using sqlca;
    return nya = 0
    padahal mestinya lebih dari 1.
    Ada ide..?

    ReplyDelete
  2. jujur saya masih bingung, yg hasilnya lebih dari 1 itu hasilnya atau loopingnya. bisa lebih lengkap. Munkin kita bisa bahas lebih lanjut.

    ReplyDelete
  3. saya cuma baca sekilas, apa tidak diberikan WHERE ?
    sehingga kira2 begini
    SELECT Count(*) INTO :ll_count
    FROM ms_user
    WHERE id_user =ls_Iduser (misalnya)
    USING SQLCA;

    Mungkin berbeda dari yg diharapkan(saya bingung/blum ngerti )
    Menghitung jumlah row di tabel ms_user, akan meminimalkan error saat di buat spesifik berdasarkan column (id_user).

    ReplyDelete
  4. Dear Black_mop

    Harusnya:
    SELECT Count(*) INTO :ll_count
    FROM ms_user
    WHERE id_user = :ls_Iduser;

    Selamat Mencoba!!

    ReplyDelete

Auto WD